Jumat, 06 Februari 2009

TANTANGAN PEMBELAJARAN

TANTANGAN PEMBELAJARAN
(sebuah refleksi)

PROBLEM :
Membosankan, tidak memotivasi, tidak menyenangkan

Kata Kunci :

RUBAH PARADIGMA
“ Sistem yang ada melahirkan hasil yang ada.Jika diinginkan hasil yang lain, sistem harus diubah “

LAMA BARU
Peraturan Tanggung jawab
Kekuasaan Ajakan
Serius Santai tapi pasti
Hukuman Ganjaran
Perintah Inisiatif
Pengajaran Pertunjukan

LANGKAH ORKESTRASI DIRI
EKSPLORASI KEMAMPUAN DIRI

CINTAI PEKERJAAN
TEMUKAN SISI DAYA TARIK
ALIRKAN EMOSI,PERASAAN,PENGETAHUAN
KEMBANGKAN KETERAMPILAN
KOMUNIKASI

ORKESTRASI PENGAJARAN
Pembukaan mengesankan
Tatap mata mereka
Tebarkan aura
Motivasi mereka
Berikan kasus, cerita, humor
Mulai dari masalah
Mainkan game
Lakukan diskusi
Berikan resume
Perkaya dengan pengalaman sendiri
Tutup dengan perayaan

ORKESTRASI KELAS
TENTUKAN PUSAT PERHATIAN
INTEGRASIKAN ASET KELAS
MANFAATKAN SITUASI
OPTIMALKAN INSTRUMEN BELAJAR
OPTIMALKAN HUKUM PERSEPSI
MANFAATKAN : SUARA, UKURAN, GERAK, KEUNIKAN, CAHAYA, WARNA

ORKESTRASI MURID
Cintai mereka, dan ekspresikan
Tanya : Apa yang kalian inginkan, apa harapan kalian dari pelajaran ini ?
Libatkan mereka dalam mempersiapkan kelas
Berikan : kuis, tugas, kasus, permainan, pertanyaan, dsb
Motivasi mereka

Tidak ada komentar: